Bagaimana Perkembangan Internet di Indonesia

Bagaimana Perkembangan Internet di Indonesia?

Bagaimana Perkembangan Internet di Indonesia – Teknologi informasi berkembang begitu pesat. Dunia seakan semakin mengecil karena segala sesuatu yang terjadi di manapun di dunia ini dapat terpantau akibat kompleksnya teknologi informasi.

Indonesia merupakan negara yang tidak terlepas dari kemajuan teknologi informasi khususnya internet. Lantas sejak kapan masyarakat Indonesia mulai menikmati layanan jaringan internet yang diperkenalkan ke dunia maya?

Sejarah Internet di Indonesia dimulai pada awal tahun 1990-an. Saat itu jaringan internet di Indonesia terkenal dengan jaringan pergaulannya, dan semangat gotong royong, kasih sayang keluarga dan gotong royong sangat hangat di antara para pelakunya.

Hal ini sangat berbeda dengan suasana internet Indonesia dalam perkembangannya selanjutnya yang terasa lebih komersial dan personal dalam beberapa kegiatannya, terutama yang menyangkut perdagangan internet. Sejak tahun 1988, Indonesia memiliki pengguna Internet awal yang menggunakan CIX (UK) dan Compuser (AS) untuk menjelajahi web.

Bagaimana Perkembangan Internet di Indonesia Secara Singkat

Contoh Perkembangan Internet di Indonesia

Jika kita mengambil penjualan online (e-commerce) dalam kehidupan sehari-hari, pendaftaran universitas online, pendaftaran cpns online sebagai contoh, itu semua karena perkembangan teknologi internet di Indonesia. Sebagian besar aktivitas masyarakat di Indonesia sudah menggunakan teknologi internet.

Bahkan layanan Internet mulai merambah ke pelosok desa, seperti warnet yang kini bermunculan di setiap kota di Indonesia.

Dengan berkembangnya ilmu pengetahuan dan teknologi khususnya perkembangan internet, dunia internet juga berkembang banyak kejahatan yang disebut cybercrimes, yang terjadi pada penyerangan terhadap jaringan internet KPU. Jaringan internet di Pusat Komisi Pemilihan telah mengalami beberapa kali pemadaman.

Modus operandinya adalah mengganggu proses pemungutan suara di KPU yang merupakan salah satu bentuk kejahatan dunia maya karena penyerang melakukan kejahatan dengan sengaja.

Baca juga : Kenapa Wifi Terhubung tapi Tidak Ada Internet?

Tampilan halaman daftar hasil pemilu nasional berantakan. Kejahatan dunia maya ini masuk dalam kategori pemalsuan data, peretasan, dan pemerasan. Tujuan pencurian itu hanya untuk mencuri 71 informasi. Pihak yang dicuri tidak akan merasakan kerugian.

Namun, ada konsekuensinya jika informasi tersebut digunakan oleh pihak yang tidak bertanggung jawab. Ini akan membuat semua beban biaya akun pengguna yang ditanggung oleh pencuri ditagihkan ke pemilik akun yang sebenarnya. Hal ini sering terjadi pada ISP (Internet Service Provider).

Indonesia, mereka memiliki pengguna internet yang semakin banyak, sehingga mewujudkan budaya internet. Ternyata Internet memiliki dampak terbesar pada sains, berfungsi sebagai jendela ke dunia luar.

Dengan bantuan mesin pencari yang disediakan oleh Google dan Yahoo, pengguna di seluruh dunia dapat mengakses Internet dan memperoleh hasil pencarian yang berkualitas tinggi, cepat dan relevan untuk berbagai informasi dibandingkan dengan buku dan perpustakaan.

Baca juga : Apa Kepanjangan dari Internet dan Definisi Internet?

Pengaruh Internet di Indonesia Saat ini

Perkembangan internet di Indonesia juga mempengaruhi stabilitas ekonomi. Berbagai transaksi jual beli yang sebelumnya hanya dapat dilakukan secara tatap muka, kini menjadi sangat mudah dan sering dilakukan melalui internet.

Transaksi melalui internet disebut sebagai perdagangan elektronik (electronic commerce), yaitu pendistribusian, pembelian, penjualan, pemasaran barang dan jasa melalui internet dan sistem elektronik seperti televisi atau jaringan komputer lainnya.

Bukti lain tentang perkembangan Internet di Indonesia adalah fasilitas Internet yang sudah tersedia dan digunakan di tempat-tempat umum. Sekitar 42% akses internet di Indonesia melalui warnet, warnet, hotspot, dll. Tempat umum lainnya yang sering digunakan untuk akses internet adalah kampus, perpustakaan, dan kantor.

Selain menggunakan PC (Personal Computer), masyarakat juga dapat mengakses internet melalui telepon seluler (ponsel) dengan menggunakan fasilitas yang disebut GPRS (General Packet Radio Service). Kemajuan teknologi tersebut telah membawa dampak positif bagi globalisasi masyarakat Indonesia.

Baca juga informasi penting lainnya di Naszinternet.com

About admin

Check Also

Surga Wisata Labuan Bajo yang Paling Fenomenal dan Viral

Surga Wisata Labuan Bajo – Traveling Liburan telah tiba, apakah Anda sudah mempersiapkan tempat mana …