dampak-negatif-tidak-memiliki-asuransi-mobil

Dampak Negatif Tidak Memiliki Asuransi Mobil

Apakah Anda pernah melihat atau mengalami kecelakaan di jalan raya? Pastinya membutuhkan banyak uang untuk memperbaiki keadaan mobil agar kembali seperti semula. Oleh sebab itu, kini hadir produk asuransi mobil Ramayana untuk meringankan beban Anda jika terkena musibah tersebut.

Dengan adanya asuransi mobil, Anda akan terbebas dari kerugian yang timbul seperti kecelakaan. Maka dari itu, asuransi mobil kini semakin penting karena jumlah kendaraan yang bertambah banyak di jalanan sehingga risiko kecelakaan terus meningkat.

Masih banyak orang yang meremehkan asuransi mobil. Akan tetapi, ketika sudah mengalami kejadian yang kurang mengenakan terhadap kendaraannya, maka baru sadar jika harus menguras banyak biaya untuk memperbaiki keadaan mobil.

Salah satu risiko yang bisa terjadi ketika mengalami kecelakaan adalah mobil rusak berat. Banyak faktor yang dapat mengakibatkan kecelakaan seperti kelalaian dalam berkendara, mengantuk, mengendarai mobil dalam kecepatan terlalu tinggi, hingga tidak patuh dengan peraturan lalu lintas.

Kecelakaan pun tidak dapat terhindarkan sehingga tabrakan tunggal atau beruntun, menabrak pembatas jalan, jatuh ke jurang, maupun mobil terbalik pun bisa terjadi. Akibat dari kecelakaan tersebut, mobil mengalami rusak berat baik bodi maupun komponen internalnya.

Risiko lainnya adalah mobil terbakar. Kecelakaan dapat membuat mobil terguling atau mengeluarkan percikan api sehingga mobil dapat terbakar. Percikan api ini dapat muncul dari gesekan bodi mobil dengan aspal atau kebocoran tangki atau saluran bahan bakar.

Nah, risiko-risiko tersebut pastinya dapat menimbulkan banyak kerugian, terutama finansial Anda. Tidak hanya itu, banyak kerugian yang bisa Anda rasakan jika Anda belum memiliki asuransi mobil. 

Berikut ini kerugian tidak mempunyai asuransi mobil. Simak ulasannya sampai selesai, ya!

Dampak Tidak Memiliki Asuransi Mobil

  • Keuangan Terganggu

Dana memperbaiki mobil paska kecelakaan pastinya tidak sedikit. Pengeluaran biaya ini dapat mengganggu keuangan Anda secara tiba-tiba. Namun, dengan adanya asuransi, setidaknya Anda memiliki dana darurat. 

Saat terjadi kecelakaan, Anda bisa melakukan klaim ke perusahaan asuransi guna mendapatkan uang pertanggungan terhadap risiko. Dengan langkah ini, keuangan Anda akan tetap aman dan tidak terganggu untuk biaya perbaikan mobil.

  • Tidak Bisa Berkendara dengan Hati Tenang

Ketika tidak memiliki asuransi mobil, pastinya Anda tidak akan mempunyai jaminan perlindungan. Oleh sebab itu, Anda akan selalu merasa cemas dan was-was dengan beragam risiko ketika berkendara di jalan raya.

Coba bandingkan dengan ketika Anda memiliki asuransi mobil, Anda bisa berkendara dengan aman dan tenang. Kalaupun memang Anda mengalami kecelakaan, Anda tidak perlu memikirkan biayanya lagi karena ada perusahaan asuransi yang menanggungnya sesuai polis.

  • Tidak Mempunyai Manfaat Tambahan

Perlindungan utama saja Anda tidak punya, apalagi dengan manfaat tambahan. Jadi, Anda tidak akan bisa merasakan bonus maupun manfaat menarik lainnya ketika membeli asuransi mobil.

  • Harga Jual Mobil Turun Drastis

Mobil adalah aset yang dapat mengalami penurunan atau penyusutan nilai. Jika Anda memiliki asuransi mobil, maka mobil yang rusak dapat Anda perbaiki dengan lebih mudah. Hal ini berbeda dengan ketika Anda tidak mampu memperbaikinya seperti semula sehingga harga jualnya turun drastis.

Perlu Anda ketahui, harga jual mobil bekas kecelakaan memang sangat rendah jika Anda tidak mampu memperbaikinya karena keterbatasan biaya. Jadi, asuransi mobil merupakan upaya investasi dalam menjaga asset berharga Anda.

Selain asuransi mobil, Anda juga perlu memiliki asuransi jiwa untuk melindungi diri Anda ketika berkendara. Jika Anda ingin mengetahui premi asuransi prudential, silakan kunjungi lifepal.co.id. Semoga bermanfaat!

About admin