Sajian Sedap Khas Dayak yang Perlu Kamu Cicipi

Sajian Sedap Khas Dayak – Food Indonesia memiliki beragam makanan khas yang mewakili tiap-tiap daerah. Makanan khas biasanya diolah secara turun-temurun. Meskipun memungkinkan untuk mengolah bahan yang sama, tetapi rasa yang dihasilkan tentunya akan berbeda. Salah satu suku terbesar di Indonesia juga memiliki mkanan khas yang sangat nikmat. Suku Dayak merupakan suku yang mendiami pulau Kalimantan. Suku Dayak memiliki cara untuk mengolah makanan dan menjadikan makanan tersebut mempunyai cita rasa yang khas.

Orang-orang Dayak biasanya memanfaatkan hasil hutan atau tanaman yang tumbuh secara alami. Oleh karena itu, rasa masakan yang dihasilkan juga akan semakin sedap dan nikmat. Salah satu makanan khas suku Dayak bernama juhu singkah. Juhu singkah merupakan makanan khas Dayak yang terbuat dari tunas rotan mda, yang diolah sedemikian rupa hingga menghasilkan rasa nikmatyang khas. Sekilas, makanan ini mirip seperti gulai, namun sangat berbeda pada penyajiannya. Lalu, apalagi makanan khas Dayak lainnya?

> Sajian Sedap Khas Dayak yang Perlu Kamu Cicipi

1. Juhu Singkah
Juhu singkah merupakan makanan khas suku Dayak yang terbuat dari rotan muda atau tunas rotan. Makanan ini biasanya disajikan ikan baung dan terong asam. Rasa pahit-manis antara rotan dan ikan baung, menjadikan rasa juhu singkah semakin unik. Tak lupa, kombinasi rasa gurih dan nikmat yang tersaji dari rempah-rempah dan santan yang digunakan. Juhu singkah sangat cocok dinikmati bersama dengan sepiring nasi hangat.

2. Sayur Tumbuk Daun Singkong
Orang-orang Dayak biasanya menggunakan daun singkong tumbuh untuk membuat menu masakan. Beragam variasi daun singkong tumbuk seperti urapan atau gulai daun singkong. Rempah yang digunakan dalam proses memasak, akan menambah kenikmatan daun singkong setelah disajikan nantinya.

3. Sayur umbut kelapa
Sama halnya dengan proses pembuatan gulai, orang Dayak memiliki gulai khas yang terbuat dari umbut kelapa. Umbut kelapa merupakan bahan utama yang diperoleh dari batang kelapa muda, yang tinginya 7 meter. UMbut gulai kelapa ini memiliki rasa yang gurih, pedas, dan nikmat.

4. Kue Dange
Kue khas suku Dayak ini terbuat dari parutan kelapa, gula, dan tepung yang diolah dengan cara dipanggang. Kue ini merupakan kue kebanggaan suku Dayak. Kue dange sangat cocok disajikan saat pagi hari atau teman minum kopi dan teh di sore hari.

Selain daftar makan di atas, suku Dayak masih memiliki banyak makanan khas yang sayang jika dilewatkan. Meskipun sekilas tampak sama atau menggunakan bahan dasar yang sama, tentunya rempah-rempah dan proses masa yang digunakan oeh suku Dayak dan daerah lainnya akan berbeda. Sudakah Anda mencicipi salah satunya?

About admin

Check Also

Surga Wisata Labuan Bajo yang Paling Fenomenal dan Viral

Surga Wisata Labuan Bajo – Traveling Liburan telah tiba, apakah Anda sudah mempersiapkan tempat mana …