Sebelum Anda Membeli Mobil Listrik, Ketahui Kelebihan dan Kekurangannya

Kelebihan dan Kekurangan Mobil Listrik – Automotive Saat ini, teknologi yang berkembang bukan hanya dalam bidang ilmu pengetahuan, tetapi juga bidang otomotif. Tak hanya mengandalkan kualitas mesin yang mumpuni serta bahan bakar yang berkualitas, kini dunia otomotif mulai diramaikan dengan kendaraan yang diklaim lebih ramah lingkungan, dengan perawatan yang lebih mudah. Kendaraan bertenaga listrik, adalah kendaraan yang menawarkan diantaranya dua kemudahan tersebut. KIni, semakin banyak mobil dan motor listrik yang mulai dikembangkan oleh industri-industri otomotif. Lalu seperti apakah mobil listrik secara keseluruhan?

> Kelebihan dan Kekurangan Mobil Listrik

Kelebihan Mobil Listrik

Hemat Bahan bakar
Mobil listrik menggunakan tenaga listrik yang bisa Anda isi pada saat tenaganya habis. Namun mobil konvensional harus menggunakan bahan bakar minyak yang harganya juga lebih mahal daripada pengisian listrik yang ada pada mobil listrik.

Tenaga mobil listrik yang diisi penuh dapat melaju dengan jarak 120 kilometer dan memerlukan biaya hanya sebesar Rp 75.000 saja. Hal tersebut menjadikan mobil listrik lebih murah karena jika Anda menggunakan mobil konvensional biasa, maka jarak tersebut bisa makan biaya bahan bakar dua kali lipat dibanding mobil listrik.

Ramah lingkungan
Mobil listrik yang berjalan tidak akan menghasilkan senyawa yang dapat mengotori udara akibat pembakaran pada mesin. Mobil listrik disebut juga mobil yang ramah lingkungan karena tidak mengeluarkan emisi karbon dioksida ke udara. Suara yang dihasilkan pada mobil listrik juga tidak seperti mesin mobil pada umumnya yang menggunakan mesin diesel dan memiliki suara yang bising.

Perawatan Lebih Mudah
Berbeda dengan mobil konvensional biasa yang harus melakukan perawatan kusus seperti mengganti oli atau membersihkan mesin yang sudah kotor. Mobil listrik hanya membutuhkan perwawatan baterai saja dan perawatannya jugaa cukup murah.

Kemudahan
Mobil listrik memiliki tenaga yang dihasilkan dari aliran listrik. Jika listrik yang ada pada mobil habis, Anda bisa mengisi ulang di pos-pos yang sudah disediakan di pinggir jalan. Anda juga bisa mengisi sendiri dirumah dengan menggunakan aliran listrik rumah Anda ,dan hanya menghubungkan listrik dengan lubang charger yang sudah disediakan pada mobil.

Kekurangan Mobil Listrik
Jarak dan waktu isi ulang
Mobil listrik membutuhkan pengisian ulang pada saat jarak beberapa meter. Pada jarak 120 kilometer, mobil listrik harus mengisi listrik selama 6 jam penuh. Karena kapasitas pada baterai mobil listrik masih tergolong rendah. Oleh karena itu setiap beberapaa kilometer, mobil listrik ini memerlukan pengisian ulang.

Kecepatan rendah
Mobil listrik merupakan mobil yang tenang dan santai. Mobil ini tidak cocokk untuk Anda yang menyukai berkendara dengan kecepatan tinggi. Mobil listrik sangat berbeda dengan mobil konvensional karena mobil listrik tidak bisa dimodifikasi sendiri komponennya. Salah memodifikasi mesin, bisa mengakibatkan konsleting atau bisa juga mengalami kebakaran.

Mahal
Karena masih diproduksi dalam jumlah yang sangat terbatas, harga mobil listrik cenderung lebih mahal dibandingkan dengan mobil konvensiona. Dengan biaya yang harus dikeluarkan hanya untuk membeli mobil listrik ini, memang tidak semua orang bisa membeli mobil yang memiliki harga sangat mahal ini.

Kendaraan, memang harus disesuaikan dengan kebutuhan. Jika Anda termasuk orang yang mennyukai benda-benda yang ramah lingkungan, maka mobil listrik ini akan sangat cocok untuk Anda.

About admin

Check Also

Surga Wisata Labuan Bajo yang Paling Fenomenal dan Viral

Surga Wisata Labuan Bajo – Traveling Liburan telah tiba, apakah Anda sudah mempersiapkan tempat mana …